Bola

Selain Radja Nainggolan, Berikut adalah 3 Marquee Player yang Pernah Merumput di Liga Indonesia

sport.fin.co.id - 25/02/2024, 22:33 WIB

Radja Nainggolan Berseragam Bhayangkara Presisi Indonesia FC

FIN.CO.DI -  Liga Indonesia melalui BRI Liga 1 merupakan sebuah kompetisi sepak bola bergengsi yang melahirkan talenta serta bibit-bibit muda pesepakbola Indonesia yang siap mengharumkan nama bangsa ini. 

Tak heran, ada beberapa pemain top kelas Eropa yang memilih Indonesia sebagai tempat pelabuhan terakhir sebelum mereka gantung sepatu. Yang teranyar adalah Radja Nainggolan, seorang putra asal Belgia keturunan Indonesia yang namanya sudah dikenal di daratan Eropa dan kini di Indonesia berstatus sebagai marquee player.

Sebagai catatan tersendiri, marquee player adalah pemain yang termasuk dalam skuad tim nasional di tiga putaran terakhir Piala Dunia (Piala Dunia 2006 Jerman, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Piala Dunia 2014 Brasil, dan seterusnya).

Nah, berikut ini adalah 3 pesepakbola internasional yang berstatus sebagai marquee player yang pernah merumput di liga kita.

Michael Essien Sang Legenda Persib Bandung

Michael Essien bersama Persib Bandung--

Berbicara soal pemain top yang bermain di Indonesia, rasanya kurang jika tidak membahas Michael Essien. Seorang pemain gelandang bertahan serba bisa andalan Jose Mourinho kala berseragam Chelsea dan Real Madrid.

Bersama Persib Bandung, Essien membawa banyak sekali penghargaan bagi tim serta individu, sehingga hal ini membuatnya dianggap sebagai legenda. Apalagi dengan kepribadian yang supel dan tidak sombong.

Walaupun membela Maung Bandung dalam waktu singkat, jasa Essien ini sangat dirindukan oleh para Bobotoh yang membangun mentalitas berharga bagi skuat Bandung kedepannya khususnya setelah Essien angkat kaki.

Peter Odemwingie bersama Madura United

Odemwingie bersama Madura United--

Sebelum tim Madura United mulai diperkuat oleh setengah lusin pemain berdarah Brazil, Laskar Sapi Kerrab juga pernah merasakan jasa seorang marquee player asal Nigeria yang pernah merumput di liga inggris bersama West Bromwich Albion.

Dia adalah Peter Odemwingie, penyerang sayap yang dikenal karena akselerasi baik, skil mengola bola di atas rata-rata dan memiliki tendangan yang cukup akurat sehingga sangat amat merepotkan lini belakang lawannya.

Odemwingie pernah membela Madura United selama satu musim, walaupun belum banyak prestasi yang dia berikan kepada tim asal Jawa Timur itu, ia telah membangun fondasi mentalitas yang baik bagi skuat kedepannya.

Radja Nainggolan Direkrut Bhayangkara Presisi Indonesia FC

Rangga Dipa
Penulis