FIN.CO.ID - Sama-sama bergengsi dan berada di bawah Dorna Sports, MotoGP dan WSBK (World Superbike) memiliki banyak perbedaan. Mulai dari spesifikasi motor hingga anggaran.
Apa saja perbedaannya? Simak ya ulasannya di bawah ini sampai habis.
1. Motor
Di MotoGP, motor yang digunakan adalah prototipe atau dibuat khusus dan tidak diproduksi secara massal. Artinya motor ini memang merupakan modifikasi untuk tujuan balapan saja.
Sebaliknya, motor WSBK adalah motor produksi pabrikan yang bisa dibeli oleh masyarakat. Spesifikasi motor yang dijual dengan yang ada di balapan cenderung sama, hanya ada sedikit modifikasi.
Persamaannya, motor MotoGP dan WBSK menggunakan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.000cc.
2. Bobot
Berat motor pun berbeda karena ada syarat bobot minimum. Berat motor juga menjadi pertimbangan untuk masalah kecepatan saat dilintasan.
Di MotoGP, berat motor minimal 157 kilogram. Sementara di WSBK, ada di angka 168 kilogram.
3. Sasis
Sasis di MotoGP lebih ringan dibanding WSBK. Di MotoGP, bebas melakukan pengembangan sasis yang secara umum menggunakan material serat karbon, titanium, hingga magnesium.
Sementara di WSBK, sasis harus sesuai buatan konstruksi pabrik. Penggunaan material lain pun dibatasi.
BACA JUGA:
- Juara MotoGP Portugal 2024, Jorge Martin: Ini Kemenangan yang Matang
- Gagal Finis di MotoGP Portugal, Vinales: Ini Akhir Pekan yang Luar Biasa!
4. Sistem Elektronik
Electronic Control Unit (ECU) yang digunakan adalah setelan standar pada MotoGP. Sementara ECU di WSBK lebih bebas.
5. Tenaga mesin
Motor pada ajang WSBK memiliki tenaga 200 hingga 250 tenaga kuda. Sementara untuk MotoGP memiliki tenaga lebih tinggi di kisaran 250-300 tenaga kuda.
6. Anggaran
Tim pada ajang MotoGP umumnya mengeluarkan uang lebih banyak untuk pengembangan motor, pengujian, staf, dan lain-lain. Bisa mencapai ratusan juta dolar.
Sementara anggaran tim WSBK sudah ditentukan dan sangat terbatas, menyentuh angka puluhan juta dolar.
7. Seri Balapan
MotoGP terdiri dari dua sesi balapan. Yakni sprint race dan race utama. Sprint race berlangsung setengah jumlah lap pada seri utama. Biasanya hanya 10-12 lap.