Balap

Valentino Rossi Sudah Tidak Sabar Lakoni Endurance Le Mans 24 Jam

sport.fin.co.id - 13/05/2024, 15:50 WIB

Mantan pembalap MotoGP Valentino Rossi

FIN.CO.ID - Valentino Rossi mengaku sudah tak sabar ingin segera melakoni Kejuaraan Ketahanan (Endurance) Le Mans 24 Jam pada 15-16 Juni 2024.

Mantan pembalap MotoGP itu mengatakan, mengikuti balapan paling bergengsi tersebut merupakan tujuan pertamanya.

"Saat saya memulai olahraga motor, mengikuti Le Mans 24 Jam adalah tujuan pertama saya, karena ini balapan paling bergengsi di dunia," kata Rossi seperti dikutip AFP, Senin, 13 Mei 2024.

"Tahun lalu saya bisa menjajal sirkuitnya dan saya sangat menikmatinya. Suatu kehormatan bisa berkompetisi di Le Mans," sambungnya.

Juara dunia MotoGP sembilan kali itu mengatakan, balapan mobil jarak jauh sangat berbeda dengan balap sepeda motor, tetapi pembalap Italia itu melihat beberapa kesamaan.

Meski gagal finis di Spa, ia kini berada pada peringkat 10 klasemen kejuaraan dunia GT3.

"Saya sangat menyukai balapan 24 jam dan saya sudah menyelesaikan tiga balapan di antaranya," kata Rossi.

Rossi menyoroti perbedaan format  MotoGP yang biasanya berlangsung selama 45 menit, sementara balap ketahanan berjalan hingga berjam-jam lamanya.

Oleh karena itu, banyak sekali strategi yang harus disiapkan, dan Rossi mengaku menikmatinya.

"Namun, ada juga persamaannya, seperti pengereman, bagaimana menemukan jalur yang tepat, menginjak gas di saat yang tepat. Sangat berbeda dan serupa di saat yang bersamaan," kata Rossi.

Rossi mengaku tidak memiliki target tertentu mengenai berapa lama berkompetisi.

"Yang pasti, saya berharap bisa terus balapan selama mungkin," kata Rossi. "Selama saya bisa cepat dan menikmatinya, saya tentu akan melanjutkannya. Jadi, mengapa tidak (balapan) hingga untuk 10 tahun lagi?"

Sahroni
Penulis