Bola

Real Madrid Juarai Liga Champions Usai Kalahkan Borussia Dortmund 2-0

sport.fin.co.id - 02/06/2024, 06:20 WIB

Real Madrid Juarai Liga Champions 2023/2024

FIN.CO.ID- Real Madrid berhasil memenangkan Liga Champions 2023/2024 setelah mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0 di final yang digelar di Stadion Wembley, London, pada Minggu dini hari WIB.

Dani Carvajal dan Vinicius Junior mencetak dua gol kemenangan Madrid di babak kedua, seperti yang dilaporkan oleh laman resmi UEFA.

Kemenangan ini mengukuhkan Madrid sebagai juara Liga Champions untuk ke-15 kalinya, sementara pelatih Carlo Ancelotti meraih gelar kelimanya, tiga di antaranya bersama Real Madrid.

Sebaliknya, Dortmund kembali harus puas sebagai runner-up, mengulang nasib yang sama seperti pada tahun 2013 ketika mereka dikalahkan oleh Bayern Muenchen.

Baca Juga

Jalannya pertandingan :

Sejak awal laga, Dortmund lebih mendominasi permainan, sementara Real Madrid lebih banyak menunggu untuk melakukan serangan balik.

Pertandingan sempat dihentikan sesaat setelah kick-off karena dua penonton memasuki lapangan.

Setelah laga dilanjutkan, Dortmund mendapatkan peluang pertama pada menit ke-13 melalui tembakan rendah Julian Brandt yang masih melebar.

Delapan menit kemudian, Dortmund kembali mendapat peluang ketika Karim Adeyemi berhasil melewati Thibaut Courtois, tetapi tembakannya dapat diblok oleh Dani Carvajal.

Baca Juga

Pada menit ke-23, Niclas Fullkrug hampir mencetak gol setelah menyambut bola terobosan, tetapi tendangannya membentur tiang gawang.

Lima menit sebelum turun minum, Dortmund kembali mendapatkan peluang emas lewat tembakan jarak jauh Marcel Sabitzer yang ditepis oleh Courtois.

Babak pertama berakhir tanpa gol. 

Memasuki babak kedua, Real Madrid mengancam melalui tendangan bebas Toni Kroos pada menit ke-48 yang ditepis oleh kiper Gregor Kobel.

Madrid memecah kebuntuan pada menit ke-73 melalui sundulan Dani Carvajal yang memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos, membawa Madrid unggul 1-0.

Vinicius Junior menggandakan keunggulan pada menit ke-82 setelah menerima umpan terobosan dari Jude Bellingham dan berhasil mencetak gol.

Afdal Namakule
Penulis