Sportainment

Menpora Dukung Penuh Perkembangan Olahraga Biliar di Tanah Air

sport.fin.co.id - 11/06/2024, 17:04 WIB

Menpora RI Dito Ariotedjo.

FIN.CO.ID - Menpora RI Dito Ariotedjo memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan raga olah biliar di tanah air.

Dito berharap, olahraga biliar dapat berprestasi di ajang multievent seperti SEA Games dan Asian Games.

"Kedepan kita ingin sekali olahraga biliar itu jalur prestasinya dan pembinaan prestasinya semakin menggeliat," ujar Menpora Dito, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

"Karena ini juga salah satu yang kita harapkan di multievent seperti SEA Games dan Asian Games," sambungnya.

Baca Juga

"Komitmen pemerintah saya rasa sudah pasti full support untuk pembinaan biliar kedepan," tuturnya.

Dito mengatakan, arena biliar hingga saat ini masih identik di tempat hiburan, untuk itu Kemenpora mendorong adanya sertifikasi bersama yang dapat dipusatkan di Kemenpora atau di PB POBSI.

"Nantinya turunannya bagaimana POBSI di daerah bersama dengan Dinas Olahraga akan ada suatu pengakuan atau sertifikasi yang menyatakan bahwa tempat biliar ini adalah tempat yang fokus untuk pembinaan olahraga biliar," jelasnya.

"Karena ketika sudah mengajukan status sebagai tempat olahraga berarti ditempat itu tidak boleh menjual alkohol, adanya live musik, disc jockey, dan sebagainya," ujarnya.

Dito mengatakan, strategi pengembangan biliar seperti itu sangat penting dilakukan agar penyebaran olahraga biliar di jalur prestasi bisa merata di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga

Lebih lanjut, menteri berusia 33 tahun itu menegaskan keinginannya agar pembinaan olahraga biliar melalui jalur prestasi terus menggeliat.

Dengan demikian, kata dia, semakin banyak atlet-atlet berprestasi yang siap berkompetisi pada ajang multicabang seperti SEA Games dan Asian Games.

Ketika biliar dipertandingkan pada ajang multicabang, maka Menpora meminta PO POBSI untuk menyusun peta jalan jangka panjang dan jangka menengah terkait dengan pembinaan atlet biliar.

"Komitmen pemerintah saya rasa sudah pasti mendukung penuh untuk pembinaan biliar ke depan," pungkasnya.

Sahroni
Penulis