Bola

Euro 2024: Portugal Menang 2-1 Atas Republik Ceko

sport.fin.co.id - 19/06/2024, 05:56 WIB

Pemain Portugal merayakan gol (@Cristiano/instagram)

fin.co.id-  Timnas Portugal memetik kemenangan atas Republik Ceko dengan skor 2-1 pada pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Redbull Arena, Leipzig, Rabu 19 Juni 2024, dini hari WIB.

Satu Portugal diciptakan oleh Francisco Conceicao dan satu gol lainnya merupakan gol bunuh diri Robin Hranac. 

Atas kemenangan ini, Portugal kini peroleh 3 poin dari 1 laga dan tempati peringkat kedua klasemen sementara Grup F. Sedangkan Republik Ceko berada di posisi ketiga

Jalannya Pertandingan

Baca Juga

Pada babak pertama kedua negara bermain terbuka, namun Portugal mendapatkan peluang terlebih dahulu setelah umpan silang Rafael Leao dapat disambut sundulan Cristiano Ronaldo, namun bola masih menyamping dari gawang Ceko.

Selanjutnya Portugal terus menekan lini pertahanan Ceko dan menciptakan peluang lewat tendangan keras Bruno Fernandes yang masih melambung tipis di atas mistar gawang. 

Skuad asuhan Roberto Martinez kembali menciptakan peluang ketika Bruno dapat mengirim umpan silang ke gawang Ceko, namun bola tak dapat dijangkau oleh Rafael Leao..

Portugal menciptakan peluang emas, kali ini setelah umpan terobosan Bruno dapat disambut tendangan Cristiano, akan tetapi masih dapat dihalau kiper Ceko Jindrich Stanek.

Selecao terus menggempur lini pertahanan Ceko, namun hingga turun minum skor imbang tanpa gol tetap bertahan. 

Baca Juga

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan tidak berubah karena Portugal tetap menunjukkan dominasinya atas Ceko. 

Portugal memiliki peluang emas lewat tendangan bebas yang dilepaskan oleh Cristiano Ronaldo, namun bola masih dapat diamankan oleh Stanek. 

Terus tertekan sepanjang laga, secara mengejutkan Ceko mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu melalui tendangan terukur Lukas Provod yang mengoyak jala gawang Portugal sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 62. 

Portugal akhirnya mampu membobol gawang dari Ceko pada menit 69 berkat gol bunuh diri Robin Hranac yang gagal mengantisipasi bola muntah tepisan Stanek sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, Portugal terus berupaya untuk berbalik unggul, salah satunya lewat tendangan Vitinha yang masih dapat ditepis Stanek.

Ceko berbalik memberikan ancaman melalui skema serangan balik dan menciptakan peluang lewat tendangan Tomas Soucek yang masih menyamping dari gawang Diogo Costa. 

Afdal Namakule
Penulis