Bola

Copa Amerika 2024: Alvarez Bawa Argentina Kalahkan Kanada 2-0

sport.fin.co.id - 21/06/2024, 10:08 WIB

Selebrasi Julian Alvarez usai cetak gol ke Kanada pada Copa Amerika 2024 (copaamerica.com)

fin.co.id-  Timnas Argentina memulai pembukaan Copa Amerika 2024 dengan kemenangan 2-0 atas Kanada dalam laga fase grup A yang berlangsung di Di Stadion Mercedes-Benz, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, pada Kamis malam waktu setempat, atau Jumat pagi 21 Juli 2024 Waktu Indonesia.

Dua gol Argentina diciptakan oleh Julian Alvarez pada menit ke 49, dan Lautaeo Martinez di menit ke 88. Argentina menguasi bola sebesar 65 persen dalam pertandingan ini. Sementara Kanada 35 persen. Dengan kemenangan ini Argentina menduduki posisi pertama grup dengan 3 poin dalam satu pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Argentina menguasai bola sejak awal pertandingan. Pada menit ke-8, Angel Di Maria menerima bola lepas setelah tendangan sudut Kanada, dan menggiring bola dari area pertahanannya sampai ke kotak penalti Kanada. Namun, kiper Kanada, Maxime Crepeau melakukan penyelamatan brilian satu lawan satu untuk menggagalkan upaya Argentina yang pertama.

Baca Juga

Kemudian pada menit ke-43 muncul peluang terbaik Kanada dalam pertandingan ini. Cyle Larin memberikan umpan silang indah kepada Stephan Eustaquio yang menunggu di dalam kotak.

Wakil kapten asal Kanada itu menyundul bola ke arah gawang dengan kekuatan yang mengesankan namun Emiliano Martinez menyamai penyelamatan gawangnya. Kedua tim mengakhiri babak pertama tanpa mencetak gol.

Di babak kedua, Julian Alvarez membuka keunggulan berkat umpan tanpa pamrih Alexis Mac Allister di kotak penalti Kanada untuk membawa La Albiceleste unggul 1-0.

Lionel Messi hampir menggandakan keunggulan ketika mencoba menggiring bola di sekitar gawang yang dijaga Maxime Crepeau saat melakukan serangan balik, tetapi beberapa pertahanan heroik dari Derek Cornelius membuat juara Piala Dunia itu tidak mencetak gol.

Menjelang akhir pertandingan Kanada mulai menyerang secara bergelombang, dengan tim dari wilayah utara putih besar itu mencari gol penyeimbang tetapi tidak berhasil.

Baca Juga

Lionel Messi memberikan assist klasik ke pemain pengganti Lautaeo Martinez di menit ke-88. Assist itu untuk memastikan kemenangan 2-0 atas Kanada hingga akhir petandingan.

Argentina akan melanjutkan fase Grup A mereka melawan Chile pada Selasa, 25 Juni di Stadion Metlife di East Rutherford, New Jersey.

Ini akan menjadi kembalinya yang emosional bagi Lionel Messi dan La Albiceleste, saat mereka berhadapan dengan La Roja di stadion yang sama saat mereka dikalahkan pada Final Copa América Centenario 2016.

Sementara itu, Kanada akan memainkan pertandingan CONMEBOL Copa Améric kedua mereka melawan Peru pada Selasa, 25 Juni di Children's Mercy Park di Kansas City, Kansas. Peru dan Chile menyelesaikan pertandingan putaran pertama Grup A pada hari Jumat di Stadion AT&T di Arlington, Texas.

Susunan pemain:Argentina: Martinez; Molina, Romero, Martinez, Acuña, De Paul, Paredes, Mac Allister, Messi, Alvarez, Di Maria

Pemain pengganti yang digunakan: Lo Celso, Otamendi, Martinez, Montiel, Tagliafico

Afdal Namakule
Penulis