Bola

Spanyol Lolos ke 16 Besar Euro 2024 Usai Kalahkan Italia

sport.fin.co.id - 21/06/2024, 06:23 WIB

Penyerang sekaligus kapten timnas Spanyol Alvaro Morata. (Photo by Vano SHLAMOV / AFP)

fin.co.id- Spanyol mengikuti jejak Jerman ke babak 16 besar Euro 2024. La Roja meraih kemenangan tipis 1-0 atas Italia dalam laga sengit di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, pada Jumat dini hari WIB.

Kemenangan ini mengantarkan Spanyol ke puncak klasemen grup B dengan enam poin dari dua pertandingan. Italia , di sisi lain, tertahan di posisi kedua dengan tiga poin. 

Hasil ini memastikan Spanyol melenggang ke fase gugur turnamen, sementara nasib Italia masih harus ditentukan di laga terakhir. 

Jalannya Pertandingan :

Baca Juga

Spanyol langsung menunjukkan dominasinya sejak awal pertandingan. Di detik-detik awal, mereka sudah mengancam gawang Italia. Sebuah umpan silang Nico Williams di menit ke-2 disambut sundulan Pedri, namun kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, sigap mengamankan gawangnya.

Tekanan Spanyol tak henti-hentinya. Menit ke-10, Alvaro Morata melepaskan umpan lambung yang disambut sundulan Williams, namun bola masih melebar dari gawang Donnarumma. Italia tampak kewalahan menghadapi permainan menyerang Spanyol yang agresif.

Empat belas menit berselang, Morata melepaskan sepakan yang masih mampu dibendung Donnarumma. Satu menit berselang, giliran Fabian Ruiz yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang mengarah ke sudut atas gawang dan masih mampu dijangkau Gigio.

Italia kesulitan keluar dari cengkeraman La Furia Roja meski memainkan umpan-umpan jarak jauh yang diarahkan ke dua sisi penyerangan. Selain itu pergerakan umpan satu dua yang diterapkan oleh Spanyol membuat Italia mau tidak mau menumpuk pemain di lini pertahanan untuk menahan gempuran.

Pada menit ke-41, Fabian Ruiz Kembali melepaskan tendangan yang masih dapat dijangkau dengan mudah oleh Donnarumma. Tidak ada peluang yang Kembali dilepaskan oleh kedua tim. Hingga peluit babak pertama ditiup, skor imbang tanpa gol bertahan.

Baca Juga

Memulai babak kedua, Spanyol terus menggempur pertahanan Italia melalui pergerakan umpan satu dua di lini tengah yang dibangun melalui pergerakan Rodri, Fabian Ruiz dan Pedri.

Di menit ke-54, pergerakan individu di sisi kiri Nico Williams melepaskan umpan silang yang mengarah ke gawang. Bola sempat berbelok usai tersundul oleh Morata hingga membuat Riccardo Calafiori salah mengantisipasi bola dan masuk ke gawang sendiri. La Roja membuat kedudukan berubah dengan unggul 1-0.

Morata melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-57, namun bola yang mengarah ke tiang masih dengan mudah ditinju oleh Donnarumma yang berada di posisi arah datangnya bola.

Di menit ke-70 memanfaatkan pergerakan dari Yamal yang masuk ke dalam kotak penalti dan berhasil mengirim umpan, Williams yang mendapatkan ruang terbuka melesatkan sepakan yang masih membentur mistar gawang Donnarumma.

Pada menit ke-81, melalui pergerakan di sektor kiri Italia, Di Marco memperoleh ruang tembak namun tembakannya masih membentur barisan pertahanan Spanyol.

Italia yang terus bermain keluar menyerang untuk menyamakan kedudukan justru harus menghadapi petaka di menit akhir pertandingan. Melalui skema serangan balik, Ayoze Perez melakukan pergerakan di dalam kotak penalti, namun tendangannya masih bisa diantisipasi Donnarumma.

Afdal Namakule
Penulis