Sportainment

Terbukti Gunakan Doping, Kemenangan Ryan Garcia atas Devin Haney Dibatalkan dan Disanksi Skor 1 Tahun

sport.fin.co.id - 21/06/2024, 07:35 WIB

Ryan Gracia vs Devin Haney

fin.co.id-  Bintang tinju dunia Ryan Garcia mendapat sanksi berupa skors satu tahun setelah ia terbukti positif menggunakan obat ostarine yang meningkatkan kinerja saat melawan Devin Haney pada 20 April 2024 lalu. 

Selain sanksi itu, kemenangan Ryan Graci atas Devin Haney juga dibatalkan dan dianggap tidak ada kontes. 

Petinju berusia 25 tahun ini juga kehilangan uang berjumlah $1,2 juta saat melawan Devin. Sejumlah uang itu akan dikembalikan. Gracia juga didenda sebesar $10.000. Demikian ugkap Komisi Atletik Negara Bagian New York dilansir dari ESPN.  

Dengan demikian, Devin Haney kini masih mempertahankan rekor 31-0.

Baca Juga

 “Saya ingin berterima kasih kepada komisi dan para penggemar yang mendukung saya selama seluruh proses ini,” ujat Devin Haney kepada ESPN. 

"Fakta adalah fakta dan saya tidak berada dalam posisi yang seimbang. Senang saya bisa menerima keadilan atas apa yang terjadi. Itu semua adalah bagian dari cerita saya dan itu hanya akan membuat saya lebih baik" katanya. 

"Saya seorang atlet yang bersih dan tinju adalah olahraga brutal di mana satu pertarungan benar-benar dapat mengubah hidup Anda. Saya pikir penting bagi para petarung untuk menjaga kebersihan dan saya ingin menjadi pendukung bagi atlet yang bersih atas pengalaman saya dalam situasi ini.”

Garcia baru akan kembali ke ring tinju pada 20 April 2025, dengan syarat adanya tes urine dari zat terlarang, kata komisi tersebut.  

 “Ini adalah akibat yang buruk,” kata pengacara Haney, Pat English, kepada ESPN.  

Baca Juga

"Saya belum pernah melihat penyitaan sebesar $1,2 juta atau jumlah apa pun yang mendekati itu."

Haney, 25, adalah petinju pound-for-pound nomor 6 ESPN ketika ia menderita kekalahan besar dari Garcia.  

Haney dan Gracia berhadapan pada 20 April 2024 lalu. Saat itu, Garcia kelebihan berat badan 3,2 pon untuk perebutan gelar 140 pon.

Garcia tidak memenuhi syarat untuk memenangkan gelar kelas welter junior WBC, yang dipertahankan Haney, setelah dia kehilangan berat badan.  

Adapun Haney tidak pernah kalah dalam 31 pertarungan profesionalnya. 

Namun dia dijatuhkan ronde 7, 10 dan 11 satan melawan Gracia. Tapi kekalahan itu kini telah dihapuskan dari catatan Haney.

Afdal Namakule
Penulis