Bola

Euro 2024: Cristiano Ronaldo Bawa Portugal Melaju ke Babak 16 Besar Usai Kalahkan Turki 3-0

sport.fin.co.id - 23/06/2024, 05:37 WIB

Cristiano Ronaldo dkk rayakan kemenangan usai kalahkan Turki 3-0 (instagram @cristiano)

fin.co.id-  Cristiano Ronaldo membawa timnas Portugal mencapai babak 16 besar Euro 2024 setelah mengalahkan Timnas Turki dengan skor 3-0 dalam pertandingan kedua Grup F yang berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, pada Minggu dini hari WIB.

Dalam pertandingan ini, Portugal meraih kemenangan melalui gol-gol yang dicetak oleh Bernardo Silva, Samet Akaydin (gol bunuh diri), dan Bruno Fernandes.

Hasil ini membuat Portugal memimpin klasemen sementara Grup F Euro 2024 dengan enam poin dari dua pertandingan, sementara Turki berada di posisi kedua dengan tiga poin.

Pada babak pertama, Portugal mengambil inisiatif menyerang dan menciptakan peluang melalui sundulan Cristiano Ronaldo yang masih melebar dari gawang Turki.

Baca Juga

Portugal berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-21 melalui tendangan kaki kiri Bernardo Silva, mengubah skor menjadi 1-0.

Setelah unggul, Portugal semakin gencar menekan pertahanan Turki dan kembali menciptakan peluang melalui tendangan Bruno Fernandes yang juga masih melebar dari gawang Turki.

Portugal menambah keunggulannya menjadi 2-0 setelah pemain Turki, Samet Akaydin, mencetak gol bunuh diri akibat koordinasi yang buruk dengan kiper Altay Bayindir pada menit ke-28.

Setelah unggul lebih dahulu, Portugal semakin gencar menekan pertahanan Turki dan menciptakan peluang melalui tendangan Bruno Fernandes yang masih melebar dari gawang Turki.

Portugal menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-28 setelah Samet Akaydin mencetak gol bunuh diri akibat koordinasi yang buruk dengan kiper Altay Bayindir.

Baca Juga

Turki berusaha bangkit dan memberikan ancaman melalui tendangan Kerem Akturkoglu yang berhasil dihalau oleh kiper Portugal, Diogo Costa.

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim saling menyerang, namun hingga jeda skor tetap 2-0 untuk keunggulan Portugal.

Memasuki babak kedua, Turki mencoba memperkecil ketertinggalan, tetapi kembali kebobolan setelah Bruno Fernandes mencetak gol pada menit ke-56, memanfaatkan umpan dari Cristiano Ronaldo sehingga skor menjadi 3-0.

Turki kembali mengancam dengan tendangan luar kotak penalti dari Orkun Kokcu, namun bola berhasil diamankan oleh Diogo Costa. Upaya Turki lainnya melalui tendangan Kenan Yildiz juga masih melambung jauh dari gawang Portugal.

Tim asuhan Vicenzo Montella terus berusaha memperkecil ketertinggalan, sementara Portugal sesekali melancarkan serangan. Hingga peluit panjang berbunyi, skor tetap 3-0 untuk kemenangan Selecao.

Selanjutnya, Portugal akan menghadapi Georgia pada pertandingan terakhir Grup F Euro 2024 pada Kamis (24/6), sementara Turki akan menjalani partai hidup mati melawan Republik Ceko pada hari yang sama.  (*) 

Afdal Namakule
Penulis