Bola

Euro 2024: Spanyol Pastikan Lolos ke Babak 16 Besar Usai Menang Tipis Albania 1-0

sport.fin.co.id - 25/06/2024, 05:59 WIB

Timnas Spanyol di Euro 2024. (Instagram)

fin.co.id-  Timnas Spanyol juarai grup B dan dipastikan lolos babak 16 besar Euro 2024. Kepastian itu, usai tim julukan La Furia Roja menang tipis atas Albania 1-0 di laga terakhir yang berlangsung di Espirit Arena, Dusseldorf pada Selasa 25 Juni dini hari WIB. 

Gol semata wayang Spanyol dicetak oleh Ferran Torres di babak pertama pada menit ke-13. 

Kemenangan ini membuat Spanyol mengakhiri fase grup sebagai juara dengan menyapu bersih kemenangan di Grup B. Pasukan Luis de la Fuente meraih sembilan poin dari tiga pertandingan. 

Sementara itu perjalanan Albania di Euro 2024 harus berakhir di fase grup. Mereka berada di dasar grup dengan hanya meraih satu poin setelah dikalahkan Italia 1-2 dan bermain imbang 2-2 lawan Kroasia, demikian yang dilansir dari laman resmi UEFA.

Baca Juga

Ringkasan Pertandingan

Spanyol tidak menurunkan kekuatan penuh saat menghadapi Albania. Pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, mengandalkan Joselu, Ferran Torres, dan Mikel Oyarzabal di lini depan. 

Sementara itu, Albania tetap menurunkan skuad terbaik mereka untuk mengejar kemenangan.

Mikel Merino memiliki peluang saat menyambut umpan silang dari Jesus Navas, tetapi tandukannya masih bisa ditahan oleh Thomas Strakosha.

Spanyol unggul saat pertandingan berjalan 13 menit. Dani Olmo memberikan umpan terobosan akurat kepada Ferran Torres yang menusuk dari sisi kanan.

Baca Juga

Penyerang Barcelona itu langsung menyelesaikan dengan tembakan kaki kiri mendatar yang tidak mampu dihentikan oleh kiper Albania, Thomas Strakosha. Skor menjadi 1-0.

Keunggulan cepat tidak membuat Spanyol mengurangi serangan mereka. Albania hanya beberapa kali mengancam lewat serangan balik, tetapi upaya mereka belum terlalu membahayakan gawang Spanyol yang dikawal oleh David Raya. 

Skor 1-0 mengakhiri babak pertama.

Memasuki babak kedua, Spanyol langsung menggebrak. Joselu nyaris mencatat namanya di papan skor pada menit ke-47, tetapi tendangan akrobatiknya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang. 

Albania juga mampu memberikan perlawanan. Pada menit ke-66, mereka mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor 

Armando Broja berhasil lolos ke kotak penalti, tetapi tembakan kerasnya masih bisa diblok David Raya. 

Afdal Namakule
Penulis