Sportainment

MotoGP 2024: Yamaha Pakai 2 Mesin Berbeda Demi Taklukan Sirkuti Assen

sport.fin.co.id - 29/06/2024, 18:00 WIB

Yamaha pakai dua mesin berbeda demi takulkan sirkuit assen

fin.co.id - Motor Energy Yamaha menggunakan dua mesin berbeda untuk menaklukan sirkuit Assen Belanda.

Dua pembalap motoGP Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins menggunakan mesin baru yang terpasang di Yamaha YZR-M1. Untuk motor cadangan mengunakan spek lama sejak balapan motoGP 2024 dimulai.

Mesin baru Yamaha sudah melakukan uji coba di Valencia bahkan Alex Rins klaim jika mesin menghasilkan performa sangat tinggi.

"Kami menjalani tes bagus di Valencia, di mana kami mencoba banyak hal baru. Kami juga mencoba mesin dengan performa sangat tinggi," ucap Rins dilansir dari Paddock-GP pada Sabtu, 29 Juni 2024.

Baca Juga

Sementara itu Quartararo samapikan jika mesin baru ini sebagai baha uji coba mesin lama.

"Kami diberi satu mesin baru masing-masing. Motor lainnya akan memakai mesin lama. Ini untuk tes perbandingan," kata Quartararo.

Pada MotoGP 2024, Yamaha mendapatkan konsesi paling maksimal dalam aturan konsesi baru yang berlaku di MotoGP.

Mereka tidak mengalami aturan 'frozen engine' alias mesin sampai bisa mengembangkan dan mengganti spek mesinnyasecara bebas sepanjang musim.

Demikian juga Honda, Ducati, KTM, dan Aprilia yang mendapat aturan frozen engine.

Baca Juga

Mesin baru ini fokus ke performa, namun tidak lagi soal performa di lurusan melainkan performa di tikungan. "Ini lebih ke handling dan menikung. Di masa lalu itu lebih mudah. Di Mugello dan Jerez aku kesulitan secara fisik. Dengan mesin ini kelincahan dan cara menikung lebih baik," kata Quartararo. Kita lihat saja apakah mesin baru yang dibawa Yamaha bisa memberikan kesuksesan buat dua pembalapnya.

Balapan MotoGP Belanda akan dilaksanakan pada Minggu Juni 2024.

Jadwal Balapan MotoGP 2024 Belanda Minggu 30 Juni 2024Warm Up MotoGP (14.40-14.50 WIB)Race Moto3 (20 Laps) (16.00 WIB)Race Moto2 (22 Laps) (17.15 WIB)Race MotoGP (26 Laps) (19.00 WIB)

Ari Nur Cahyo
Penulis