Bola

Shin Tae-yong dan Dua Pemain Timnas Dihukum AFC, Begini Kasusnya

sport.fin.co.id - 29/06/2024, 05:31 WIB

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong

fin.co.id-  Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menjatuhkan sanksi kepada pelatih timnas Indonedia Shin Tae-yong (STY) dan dua pemain lainnya, yakni Ivar Jenner, dan Justin Hubne r.

Ketiganya diberi sanksi usai dianggap melanggar pasal 50 atas Kode Etik dan Etika AFC saat Piala Asia U-23 2024 berlangsung bulan lalu.

STY mendapat tindakan disiplin atas ucapannya yang dinilai merendahkan kompetensi wasit, serta integritas AFC sebagai konfederasi selama Piala Asia U-23.

"Banyak keputusan wasit di sepanjang pertandingan. Kalau kalian melihatnya, itu bukan pertandingan sepak bola, ini sebuah pertunjukan komedi dan sangat berlebihan,” ujar pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong di situs PSSI.

Baca Juga

Atas pernyataan tersebut, STY dikenakan denda sebesar $7.500 USD atau setara Rp122,7 juta.

Selain itu Ivar dan Hubbner dikenakan pasal Kode Etik dan Etika AFC mengunggah konten di media sosial yang menghina dan mempertanyakan integritas hasil laga, pertandingan itu sendiri, kompetensi, negara Qatar, dan Asosiasi Sepak Bola Qatar dan/atau AFC.

"Itu kan sama seperti hukuman Komdis (Komite Disiplin) ada aturannya, jadi harus dipenuhi," jelas Exco PSSI, Arya Sinulingga, menanggapi hukuman tersebut.

Ivar dan Justin dikenakan denda sebesar 5.000 dollar AS atau setara Rp 82 juta. Mereka diharuskan menyelesaikan hukuman ini dalam waktu 30 hari sejak deklarasi AFC. Kegagalan untuk mematuhi akan mengakibatkan konsekuensi yang lebih buruk. (Dms/DSW).

Baca Juga

Afdal Namakule
Penulis