Bola

Hasil Euro 2024: Swiss Singkirkan Italia dengan Skor 2-0 dan Melaju ke Perempat Final

sport.fin.co.id - 30/06/2024, 06:02 WIB

Ruben Vargas (kanan) usai menggandakan keunggulan Swiss. (AFP melalui Getty Images)

fin.co.id- Swiss bungkam juara bertahan Italia dengan skor 2-0 pada laga 16 besar Euor 2024 yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Berlin pada Sabtu 29 Juni malam WIB. 

Gol kemenamgan Swiss masing-masing dicetak oleh Remo Freuler di babak pertama dan Ruben Vargas di babak kedua.

Dengan hasil ini, membuat Swiss melaju ke babak perempat final dan akan berhadapan dengan pemenang dari laga antara Inggris vs Slowakia pada Minggu 30 Juni malam nanti

Sementara itu perjalanan Italia harus terhenti di babak 16 besar setelah menjuarai Euro di edisi 2021.

Baca Juga

Pada peetandingan ini, Swiss dan Italia sama-sama dalam penguasaan bola. Swiss menguasai jalannya permainan sebesar 49 persen. Dan Italia 50 persen. 

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti mengatakan bahwa timnya kalah tempo dan kurang tajam saat melawan Swiss. 

“Yang membuat perbedaan adalah tempo (permainan), kami terlalu lamban dibandingkan mereka (Swiss) di babak pertama. Bahkan secara individu, ada perbedaan dalam tempat pergerakan dan perebutan bola," kata Spalletti usai pertandingan yang dikutip Football-Italian pada Minggu.

Spalletti menyebut bahwa gol kedua langsung membuat kepercayaan diri para pemainnya turun sehingga membuat permainan mereka menjadi kurang tajam.

Sementara itu, kapten sekaligus kapten Timnas Italia Gianluigi Donnarumma tidak ingin mencari alasan atas kekalahan ini.

Baca Juga

"Kami tidak bisa meminta maaf kepada para suporter. Hasil ini tidak bisa diterima, kami bermain buruk di sepanjang pertandingan. Itu realitanya," ujar kiper Paris Saint-Germain tersebut. 

Tersingkirnya Italia di babak 16 besar berarti Euro 2024 dipastikan akan menghadirkan juara baru. Italia adalah juara Euro di edisi sebelumnya dengan mengalahkan Inggris di Stadion Wembley melalui adu penalti. (*) 

Afdal Namakule
Penulis