Wow! Fasilitas Sekelas Pejabat Shin Tae-yong: Mulai Mobil Pribadi, Pengawalan dengan Lampu Strobo Hingga Nopol Khusus

Wow! Fasilitas Sekelas Pejabat Shin Tae-yong: Mulai Mobil Pribadi, Pengawalan dengan Lampu Strobo Hingga Nopol Khusus

Pelatih timnas senior Shin Tae-yong--(pssi)

FIN.CO.ID - Dalam sebuah wawancara di YouTube Dalsu Live milik Park Moon-sung, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku diperlakukan istimewa. Mulai memperoleh fasilitas pengawalan hingga mobil pribadi yang dilengkapi lampu strobo dengan nomor polisi (nopol) khusus. 

Menurut Shin Tae-yong ini adalah pengalaman unik selama menjadi pelatih sepak bola di Indonesia. Fasilitas tersebut kata Shin Tae-yong tidak pernah didapatkan saat berada di Korea Selatan (Korsel). 

"Saya punya mobil sendiri. Ada lampu strobo dengan nomor polisi kode negara. Jadi setiap saya bepergian akan ada suara 'bipbipbip', tidak semua orang boleh menggunakan kendaraan negara," ujar Shin Tae-yong dalam wawancara di YouTube Dalsu Live.

Dia mengatakan pengawalan khusus membantunya melewati kemacetan lalu lintas yang padat. 

"Jalan terbuka dari kemacetan dan saya melewatinya dengan suara sirine. Saya merasa seperti sangat besar," tutur Shin Tae-yong.

BACA JUGA:

Dia juga menyampaikan telah menjadi sosok yang akrab dengan protokoler kenegaraan di Indonesia. Termasuk seringnya bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Saya bertemu Presiden di sana dan melakukan kunjungan kehormatan," jelasnya.

Di samping tugasnya sebagai pelatih, Shin Tae-yong juga terlibat dalam berbagai aktivitas promosi. Termasuk membintangi iklan. Salah satunya adalah iklan ramen, di mana dia bahkan berani menari dan memakai wig. 

Shin Tae-yong juga menunjukkan bagaimana budaya dan pengalaman di Indonesia memberikan kesan mendalam baginya.

Apa tanggapan PSSI? Anggota Komite Eksekutif PSSI, Endri Erawan, menyebut pemberian fasilitas semacam itu adalah bagian dari standar yang diterapkan untuk pelatih kepala Timnas. Apalagi, Shin Tae-yong sudah 4 tahun mengarsiteki skuad Garuda.

"Mengingat lamanya Shin berkontribusi di sini, sudah sewajarnya kami memberikan fasilitas yang memadai untuk mendukung tugas-tugasnya," kata Endri pada Senin, 19 Februari 2024.

Menurutnya, sejak datang ke Indonesia pada tahun 2019, Shin Tae-yong telah menerima berbagai fasilitas. Termasuk hunian dan kendaraan. 

"Kami di PSSI berkomitmen untuk memenuhi segala kebutuhan Shin Tae-yong selama berada di Indonesia," paparnya.

Shin Tae-yong telah membawa Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Selama menangani Timnas Korea Selatan, dirinya tak pernah memperoleh perlakukan istimewa. Termasuk bertemu dengan kepala negara. 

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.