Dukung Persiapan Kualifikasi Olimpiade 2024, Menpora Kucurkan Dana Rp81,3 Miliar ke 13 Cabor

Dukung Persiapan Kualifikasi Olimpiade 2024, Menpora Kucurkan Dana Rp81,3 Miliar ke 13 Cabor

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo--(Instagram)

FIN.CO.ID - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus memberikan dukungan terhadap cabang olahraga yang tengah berjuang meloloskan atletnya ke Olimpiade 2024 Paris.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengatakan, pemerintah mengucurkan bantuan dana sebesar Rp81,3 miliar lebih kepada 13 cabang olahraga (cabor).

Hal tersebut dikatakan Menpora dalam jumpa pers Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kemenpora dengan Induk Organisasi Cabang Olahraga di Kemenpora, Senayan pada Senin, 26 Februari 2024.

Penandatangan perjanjian kerja sama tersebut dihadiri 11 cabang olahraga yakni, PB. PABSI (ANGKAT BESI), PB. ISSI (BALAP SEPEDA), PB. PERSANI (SENAM), PP. PERPANI (PANAHAN), PP. PBVSI (VOLI PANTAI), PB. TI (TAEKWONDO), PP. PBSI (BULUTANGKIS), PB. PSOI (SELANCAR), PB. PJSI (JUDO), PB. PASI (ATLETIK), dan AKUATIK INDONESIA.

Sebanyak 11 cabang olahraga tersebut akan mendapatkan dukungan anggaran dalam menjalankan pelatnas agar bisa meloloskan atletnya ke Olimpiade 2024 Paris.

Sementara itu, ada dua cabang olahraga lainnya yang masih dalam proses administrasi yakni, PB. PODSI (DAYUNG) dan PB. PERBAKIN (MENEMBAK).

Dito menuturkan, pihaknya merasa sangat senang dan juga mengapresiasi acara penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan International Olympic Committee (IOCO).

"Acara ini merupakan salah satu bukti nyata dari komitmen pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga di tanah air," ujarnya.

Selain itu, Dito juga mengatakan, bantuan pemerintah ini sangatlah penting untuk pengembangan bakat calon atlet, pelatih dan lainnya untuk peningkatan prestasi olahraga.

"Bantuan pemerintah ini sangatlah penting, yang meliputi pengembangan bakat calon atlet berprestasi, seleksi calon atlet berprestasi dan calon pelatih, pelatihan performa tinggi bagi atlet berprestasi, serta bantuan berupa penghasilan dan fasilitas bagi pelatih asing yang terlibat dalam program peningkatan prestasi olahraga," tuturnya.

Menpora menjelaskan, besaran dana bantuan pelatihan nasional memang berbeda dan sudah disesuikan dengan kebutuhan.

"Setiap cabor kan pasti dari jumlah atletnya, dari kebutuhannya berbeda-beda. Jadi makanya nominalnya akan berbeda," jelasnya.

Menpora Dito berharap dengan adanya kerjasama ini dapat membuka peluang lebih besar untuk para atlet meraih prestasi gemilang di ajang internasional, khususnya Olimpiade 2024 Paris.

Daftar Cabor yang Dapat Bantuan Dana Pelatnas Olimpiade Paris 2024 dari Kemenpora

1  PB. PABSI (ANGKAT BESI) Rp8.828.683.540 

Sahroni

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.