Menang 1-0 Atas Vietnam, Shin Tae-yong: Permainan Timnas Indonesia Lebih Baik Saat Lawan Australia

Menang 1-0 Atas Vietnam, Shin Tae-yong: Permainan Timnas Indonesia Lebih Baik Saat Lawan Australia

Shin Tae-yong saat memberikan arahan pada Garuda Muda Indonesia-rafi adhi-fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID - Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada laga Grup F Kualifikasi Paila Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 21 Maret 2024 malam.

Kemenangan ini membawa asa Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Meski demikian, penampilan Timnas Indonesia saat ini tak sebaik kala menghadapi Australia pada laga 16 besar Piala Asia 2023.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong memberikan apresiasi terhadap anak asuhnya. Dikatakannya pada babak permainan Timnas Indonesai tak jelek, namun hanya kurang komunikasi antar pemain. 

"Memang kami kurang kompak karena ada beberapa pemain yang baru pertama kali main, di babak kedua kami semakin kompak jadi semakin bagus," katanya usai laga di Gelora Bung Karno, Kamis 21 Maret 2024.

Walaupun Jay Idzes dan Nathan Tjoe Aon baru pertama kali main bersama di timnas Indonesia, mereka mampu membawa tim Garuda menang atas Vietnam. 

"Jay dan Nathan keduanya baik. Jay terlihat sangat bagus, dan nathan hanya main sebabak, dan dia juga baru datang sehingga masih harus beradaptasi dengan cauca di sini. Intinya mereka main bagus," ungkapnya. 

BACA JUGA:

Shin Tae-yong mengungkapkan permainan Indonesia lebih baik melawan Autralia pada piala Asia kemarin ketimbang melawan vietnam. 

"Untuk piala asia kemarin, memang kita sudah latihan 20 hari di Turki sehingga bisa tampil bagus, tapi kali ini ada dari Eropa dan dari lokal, kumpul tiga hari langsung main, jadi untuk penerapan taktik perlu waktu dan memang kurang waktu untuk tim Indonesia," tutur shin. 

Sebagai tambahan informasi, Timnas Indonesia disingkirkan oleh Australia dengan skor 4-0 yang membuat langkah mereka terhenti di babak 16 besar piala Asia 2023.

Marselino Ferdinan mengatakan timnya sudah berjuang sangat keras pada pertandingan melawan Vietnam dan membenarkan perkataan Shin Tae-yong menjaga komunikasi dilapangan menjadi kendala kepada para pemain. 

"Kita juga melihat bahwa di babak pertama kita berjuang, dan di babak kedua ada perubahan yang bikin kita jauh lebih baik sehingga ada peluang dan kita bisa cetak gol," katanya. 

"kita adaptasi dengan pemain baru, tak ada waktu untuk latihan lebih lama lagi karena hanya beberapa hari, kita coba yang terbaik di lapangan, menjalankan strategi pelatih, di babak pertama kami baru main bersama, misalkan saya dan Ivar harus ngerti keinginan Jay, baru di babak kedua kami ngobrol dan semua sudah saling mengerti sehingga bisa main bagus," tambahnya. 

Indonesia berhasil menempatkan posisi ke-2 Grup sementara pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0. 

Gatot Wahyu

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.