FIFA Hukum Persija, Persikab Bandung, Persiraja Aceh, SADA Sumut FC & Persiwa Wamena: Embargo Transfer 3 Periode

FIFA Hukum Persija, Persikab Bandung, Persiraja Aceh, SADA Sumut FC & Persiwa Wamena: Embargo Transfer 3 Periode

FIFA Hukum Persija, Persikab Bandung, Persiraja Aceh, SADA Sumut FC & Persiwa Wamena: Embargo Transfer 3 Periode-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) menjatuhkan hukuman atau sanksi kepada 5 klub di Indonesia. Yaitu Persija Jakarta, Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, SADA Sumut FC dan Persiwa Wamena.

Seperti dikutip dari situs FIFA pada Selasa, 2 April 2024, hukuman kepada 5 klub Indonesia ini berupa embargo transfer selama 3 periode.

Masa hukuman untuk masing-masing klub tidak sama. Persija dan Persiraja mulai dijatuhi hukuman sejak 26 Januari 2024. Persikab dan SADA Sumut FC masa hukuman dimulai pada 26 Februari 2024.

Sementara untuk Persiwa, hukuman dijatuhkan terhitung sejak 12 Mei 2022 dan belum ditentukan kapan dicabut. 

Diketahui, Persiwa tidak eksis lagi dalam kompetisi sepak bola di Indonesia pasca setelah merger dengan tim Cirebon, Bina Putra. FIFA sendiri tidak menjelaskan kasus apa yang membuat 5 klub Indonesia itu dihukum. 

Namun mengutip Peraturan Status dan Transfer Pemain dan Kode Disiplin FIFA, embargo dapat dijatuhkan karena beberapa hal. 

BACA JUGA:

Seperti kewajiban pembayaran yang jatuh tempo, pemutusan kontrak tanpa alasan jelas, dan kegagalan membayar jumlah relevan secara tepat waktu.

Embargo transfer secara legal adalah sanksi yang menyebabkan suatu klub tidak dapat mendaftarkan pemain baru setelah merekrut  pemain.

Klub masih berhak mendatangkan pemain. Namun pemain yang direkrut tidak bisa didaftarkan ke asosiasi sepak bola nasional dan pada ujungnya membuat pemain itu tidak dapat dimainkan.

Klub ibukota Persija Jakarta pernah dilaporkan ke FIFA oleh Marko Simic, setelah pembayaran gaji penyerang Kroasia tersebut itu ada masalah pada 2022.

Pada 2023 FIFA mengabulkan gugatan Simic. Saat itu, Persija dikabarkan harus membayar total Rp25 miliar kepada Simic. Pada Juni 2023, Simic kembali berseragam Macan Kemayoran, dan diikat kontrak dua tahun. 

BACA JUGA:

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.