Saudi Pro League Jadi Liga Paling Elit se-Asia 2023-2024, Efek Cristiano Ronaldo?

Saudi Pro League Jadi Liga Paling Elit se-Asia 2023-2024, Efek Cristiano Ronaldo?

Saudi Pro League--

FIN.CO.ID - Saudi Pro League semakin ke sini mendapatkan perhatian khusus yang cukup menyita jutaan pasang mata pecinta sepak bola tak terkecuali bahkan orang-orang Indonesia yang mulai meminati liga paling elit se-Arab Saudi tersebut.

Bisa dikatakan secara fakta, Saudi Pro League atau kemudian disingkat SPL, mulai diperhitungkan usai Saudi mengalahkan Argentina di laga fase grup Piala Dunia Qatar 2022 dan kepindahan GOAT sepak bola, yakni Cristiano Ronaldo ke Al Nassr setahun kemudian. Selanjutnya datang para pemain eropa lainnya berdatangan.

Dilansir dari situs transfermarket pada Selasa, 27 Februari 2024, Liga saudi arabia bertengger di posisi 1 sebagai liga terbaik di asia.

Lantas apa benar bahwa SPL semakin superior karena kedatangan Cristiano dan bintang mega eropa lainnya ke tanah timur tengah? berikut ini adalah alasan-alasan mengapa SPL sangat diperhitungkan oleh dunia sepak bola.

BACA JUGA:

Investor dibalik Kesuksesan Klub SPL


Saudi Pro League--

Salah satu yang menjadi alasan paling umum adalah dengan berpindahnya mega bintang eropa ke tanah Saudi Arabia melalui transfer dengan harga yang fantastis pula. Banyak pihak meragukan bahwa klub-klub SPL dengan gelontoran dana yang besar justru bisa bangkrut seperti klub-klub Liga Cina yang terlebih dahulu mendatangkan bintang sepak bola.

Namun kondisi yang ada di Cina dan Saudi sangatlah berbeda, jika di Cina investor dan perusahaan yang ada di belakang mereka adalah perusahaan teknologi elektronik yang saling menjatuhkan sesama kompetitor, sementara klub-klub SPL dibelakangi oleh perusahaan-perusahaan oli dan gas yang tentu tak ternilai lagi digit pundi-pundi uang yang mereka miliki.

Kondisi inilah yang justru bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh klub-klub elit SPL untuk menunjukkan kualitas finansial dan pemain mereka bahwa prestasi adalah segalanya untuk memuaskan para fans.

Ambisi untuk Menggeser Dominasi Klub Asia Timur

Tak bisa dipungkiri, klub-klub Asia Timur asal Jepang, Korea Selatan bahkan Cina kerap mendominasi Liga Champions Asia dan klub-klub di tanah Arabia kerap kesulitan menghadapi mereka.

Namun seiring berjalannya waktu, klub-klub asal Iran, SPL, bahkan Qatar sudah mulai menunjukkan taji mereka dan kerap memenangkan kejuaraan tertinggi di Asia tersebut, yang teranyar adalah kemenangan Qatar di Piala Asia 2023. Walaupun Saudi juga tampil baik, tetapi inilah yang bisa kita simak sebagai kebangkitan klub-klub di negara Arab Saudi.

Kepindahan Mega Bintang Eropa


Ronaldo di Al Nassr--

Rangga Dipa

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.