Bola

Harga Tiket Timnas Vs Irak dan Filipina di GBK Selangit, PSSI Beri Penjelasan Begini

sport.fin.co.id - 17/05/2024, 19:41 WIB

Harga Tiket Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2024 sangat mahal

FIN.CO.ID - Harga tiket pertanidngan antara Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 menjulang ke langit.

Harga tiket sangat mahal dan jauh lebih mahal dari harga tiket sebelumnya. Kenaikan bahkan melebihi 100 persen.

Laga Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 6 dan 11 Juni 2024.

Terkait melangitnya harga tiket Timnas Indonesia, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Mahendra Sinulingga menyebut kenaikan harga guna menggalang dana untuk timnas Indonesia.

Arya menjelaskan, lonjakan harga tiket yang cukup signifikan hingga melebihi 100 persen pada laga kandang skuad Garuda melawan Irak dan Filipina ini disebabkan adanya dana untuk biaya akomodasi tim di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. 

Arya menegaskan, peningkatan prestasi timnas Indonesia dibarengi dengan alokasi dana yang cukup besar untuk akomodasi tim.

BACA JUGA:

"Perlu kalian tahu, ini memang berat sekali bagi kita PSSI untuk membuat harga seperti sekarang ini. Kenapa, karena kalau timnas-nya makin kuat, butuh pendanaan makin besar," tegas Arya Sinulingga.

Arya mengungkapkan, akan ada peningkatan dana akomodasi selama pertandingan Piala Asia U-23 2024 dan pertandingan play-off Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

"Jadi, memang ketika timnas makin kuat, pendanaan makin kuat. Maka, dibutuhkan dana yang banyak. Jadi, tidak ada kita cari untung. Ini semua untuk membiayai timnas salah satunya," kata Arya.

"Memang ada hak siar, tapi itu tidak cukup. Maka, salah satunya dari tiket juga. Walaupun dari tiket dibandingkan dari yang lain masih kecil juga...Jadi, minta maaf sekali, terpaksa kita lakukan hanya untuk timnas kita bisa bertanding tanpa memikirkan uang, yang mereka tahu hanya bertanding. Sekali lagi saya minta maaf," sambungnya.

PSSI telah menetapkan struktur harga untuk dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, dengan stand premium dihargai Rp2.250.000, tribun Garuda Timur dan Barat seharga Rp1.500.000, tribun Garuda Utara dan Selatan seharga Rp1.000.000, dan tribun teratas Garuda tersedia dengan harga Rp450.000.

BACA JUGA:

Tribun premium menawarkan tiket pertandingan dengan harga Rp1.250.000, sedangkan tribun Garuda Timur dan Barat dihargai Rp850.000. Tribun Utara dan Selatan dibanderol dengan harga Rp550.000, dan tribun Garuda atas tersedia dengan harga Rp250.000. Penting untuk diperhatikan bahwa harga ini belum termasuk pajak.

Lonjakan penjualan tiket ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 versus Vietnam yang digelar pada Maret lalu. Pada pertandingan itu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menawarkan tiket dengan harga antara Rp100.000 hingga Rp750.000.

Gatot Wahyu
Penulis