Timnas Indonesia Menang 3-0 atas Vietnam di Hanoi, Shin Tae Yong Puji Penampilan Ciamik Tom Haye

Timnas Indonesia Menang 3-0 atas Vietnam di Hanoi, Shin Tae Yong Puji Penampilan Ciamik Tom Haye

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY)--(PSSI)

FIN.CO.ID - Timnas Indonesia menyudahi kutukan 20 tahun tak menang melawan Vietnam di Hanoi. anak asuh Shin Tae Yong sukses menghajar Vietnam dengan 3 gol tanpa balas pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Dinh, pada Selasa, 26 Maret 2024 malam.

Tiga gol kemenangan Garuda pada laga itu dicetak Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (22'), dan Ramadhan Sananta (90+8').

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong puas atas penampilan anak asuhnya, terutama Thom Haye yang sempurna mengalirkan bola dari lini tengah.

Pada laga tersebut, Thom berpasangan dengan Marselino Ferdinan di lini tengah menggantikan Ivar Jenner yang absen karena sakit.

Usai bermain 90 menit pada laga itu, pemain klub Liga Belanda SC Heerenveen itu langsung beradaptasi dengan permainan Garuda dan mencoba mencetak gol pertama Jay Idzes di menit kesembilan. Asist tendangan sudut penting.

"Kalian tahu kondisi Ivar Jenner sedang tidak baik karena dia sakit. Jadi, Thom menggantikannya di lini tengah. Dia melakukan pekerjaannya dengan baik,” ungkap STY.

BACA JUGA:

Kehadiran Thom membuat bola Indonesia tetap mengalir dalam permainan, terutama di babak pertama saat Merah Putih mencetak dua gol.

Seperti di klubnya, dengan bermain kalem dan terlihat tak banyak lari, positioning Thom tampak selalu on point. Ia kerap kali menjadi otak serangan Indonesia dengan kreasi umpan akuratnya, pun beberapa kali juga terlihat lihai menjadi pemotong serangan Vietnam.

Kemenangan ini untuk sementara membawa Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan tujuh poin, unggul empat poin dari Vietnam yang ada di posisi ketiga, dan terpaut lima poin dari Irak yang ada di puncak klasemen.

Sebagai tambahan informasi, kali terakhir Indonesia meraih kemenangan di markas Vietnam terjadi pada 2004 silam atau 20 tahun lalu. 

Sebab itu, kemenangan ini juga menjadi jawaban dari janji Shin Tae Yong yang bertekad memutus rekor buruk Skuad Garuda di tanah Vietnam.

"Rekor selalu bisa dipecahkan. Kami tidak menang melawan Vietnam (tandang, red) dalam 20 tahun terakhir, tetapi saya yakin rekor itu akan dipecahkan sekarang," ujarnya.(dimas rafi)

 

Gatot Wahyu

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.